5 Tips Mudah Renovasi Dapur Rumah

Dapur merupakan bagian penting dari sebuah rumah. Aktivitas mengolah makanan hingga menyantapnya dilakukan di bagian dapur. Tidak heran jika dapur dianggap sebagai tempat berkumpul selain ruang keluarga.

Oleh karena itu, banyak orang yang menginginkan dapur yang cantik dan nyaman untuk digunakan berkumpul. Tidak hanya nyaman untuk berkumpul saja, dapur juga perlu dibuat agar aktivitas mengolah makanan dapat dilakukan dengan baik.

Keinginan orang-orang tersebut membuat dapur menjadi salah satu bagian rumah yang sering direnovasi agar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Sebelum melakukan renovasi dapur rumah, sebaiknya Anda mengetahui 5 hal penting berikut.

1.   Kebutuhan

Untuk mendapatkan dapur dengan fungsi yang ideal, Anda perlu membuat daftar kebutuhan renovasi dapur. Daftar tersebut berisi segala kebutuhan mengenai dapur yang akan direnovasi. Pastikan daftar tersebut merupakan daftar kebutuhan dan bukan daftar impian maupun keinginan.

Dalam menentukan jenis kebutuhan renovasi dapur, Anda bisa mempertimbangkan dari segi cara Anda memasak, luas dapur yang diinginkan, serta perabot dapur yang akan digunakan di dapur. Untuk perabot dapur yang berukuran besar, sebaiknya Anda memutuskan peletakannya di awal sebelum renovasi. Tujuannya agar tidak adanya perubahan atau renovasi yang berlebih.

2.   Kondisi Sekeliling Dapur

Sebelum melakukan renovasi dapur rumah, Anda perlu memperhatikan kondisi ruangan sekeliling dapur. Anda harus memperhatikan struktur dinding, ventilasi udara, jalur listrik, saluran pembuangan air kotor, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal-hal kecil seperti yang dijelaskan tersebut akan berpengaruh terhadap anggaran biaya yang dibutuhkan untuk renovasi ke depannya. Selain itu, perencanaan hingga bagian-bagian terkecil akan menentukan performa dapur di kemudian hari.

3.   Desain Dapur

Hal yang tidak kalah penting dari aktivitas renovasi dapur adalah desain. Anda harus sudah memilih gambaran maupun desain dapur yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat mencari inspirasi desain dapur pada website tentang rumah di internet.

Inspirasi desain tidak hanya dari segi tampilan saja. Anda juga perlu memperhatikan fungsi maupun tempat penyimpanan perabot nantinya. Hal ini diperlukan agar nantinya dapur tetap terlihat nyaman dan rapi sebagai tempat berkumpul.

4.   Anggaran Biaya

Setelah mempunyai desain dapur yang dibutuhkan, selanjutnya Anda harus membuat anggaran biaya renovasi dapur. Anda perlu mempertimbangkan jenis material yang akan digunakan pada renovasi beserta harga belinya.

Untuk mengetahui perkiraan besaran biaya yang dibutuhkan, Anda dapat melakukan survei harga material pada toko maupun supermarket khusus bahan bangunan. Walaupun Anda ingin meminimalisir biaya renovasi, Anda tetap tidak boleh mengesampingkan kualitas dari material bahan bangunan.

Usahakan untuk memilih material bangunan yang berkualitas baik agar dapur dapat bertahan lama. Dapur dengan kualitas material yang bagus akan sangat jarang memerlukan renovasi karena minimnya kerusakan.

5.   Jasa Profesional

Menentukan kebutuhan, desain, hingga anggaran biaya renovasi dapur dapat Anda lakukan sendiri. Namun, Anda juga dapat dipermudah dengan menggunakan jasa profesional dalam hal renovasi. Misalnya saja arsitek, desain interior, hingga kontraktor yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan lapangan.

Jasa profesional seperti desainer diperlukan agar Anda dapat memiliki dapur yang sesuai dan cocok dengan kebiasaan Anda memasak. Desain yang dihasilkan akan menyesuaikan dengan informasi yang mereka dapat tentang Anda.

Dalam memilih jasa profesional, Anda perlu mempertimbangkan pengalaman kerja dan review pelanggan sebelumnya. Pastikan untuk memilih jasa profesional yang terpercaya sehingga hasil pekerjaan renovasi dapur dapat terlaksana dengan baik.

Demikian 5 hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan renovasi dapur. Untuk mendapatkan informasi mengenai jasa kontraktor maupun jasa lain, Anda bisa masuk ke website Sejasa.