e-samsat Jabar

Perkembangan teknologi memungkinkan organisasi swasta dan pemerintah untuk meningkatkan layanan mereka kepada masyarakat. Salah satunya adalah layanan pengurusan dokumen kendaraan melalui Samsat salah satunya e-samsat Jabar.

Samsat (Sistem Administrasi Satu Atap) adalah sistem administrasi terpadu yang dibuat untuk mempermudah, mempercepat dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat terkait pengurusan surat-surat kendaraan bermotor di suatu gedung.

Samsat bertanggung jawab memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait penerbitan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan nomor kendaraan bermotor terkait pemasukan uang ke kas negara melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Surat Tanda Kepemilikan Kendaraan Bermotor . Biaya Transfer Uang (BBNKB) dan Pembiayaan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ).

Sistem terpadu satu atap ini dikelola oleh tiga instansi pemerintah yang bekerja sama, yaitu Polri, Dinnas dan PT. Layanan Kasih Karunia. Setiap instansi memiliki perannya masing-masing. Polri berperan menerbitkan STNK, Dinas Sumber Daya Alam Provinsi berperan menentukan jumlah PKB dan BBNKB, dan PT. Jasa Raharja berperan dalam pengelolaan SWDKLLJ.

Saat tiba di kantor Samsat, antrian panjang sudah menjadi hal biasa. Keadaan ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kemalasan masyarakat dalam mengurus surat-surat kendaraan, terutama dalam hal pembayaran PKB. Lebih lanjut, kondisi ini membuka kemungkinan terjadinya tindakan calo dimana masyarakat harus mengeluarkan biaya lebih untuk memproses dokumen kendaraan bermotor dengan cepat.

Apa itu Samsat Online?

Meningkatkan pelayanan persetujuan STNK dan pembayaran PKB dan SWDKLLJ, dengan menggunakan teknologi, Polri, Dinnas dan PT. Jasa Raharja menyediakan dan membuka layanan Samsat Online. Layanan Samsat Online atau disebut juga eSamsat merupakan sistem administrasi terpadu untuk persetujuan STNK dan pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui transaksi elektronik.

Faktanya, addendum online di balik nama program Samsat Online tidak hanya mengacu pada transaksi yang dilakukan secara elektronik, tetapi juga pada berbagai layanan. Artinya, masyarakat umum dapat memproses dokumen dan membayar pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat mana pun tanpa batasan wilayah, asalkan selalu berada di wilayah Polda yang sama.

Misalnya untuk sepeda motor yang terdaftar di Samsat Bekasi, pengurusan dokumen perpanjangan STNK dan pembayaran PKB dan SWDKLLJ bisa dilakukan di Samsat Jawa Barat. Layanan Samsat Online atau e-samsat Jabar memungkinkan masyarakat membayar pajak kendaraan dengan lebih mudah dan cepat.

Tidak hanya melalui website resmi Samsat atau aplikasi khusus berbasis Android, pembayaran pajak kendaraan juga dapat dilakukan melalui ATM (automatic banking machine). Untuk layanan ini, e-samsat Jabar bekerja sama dengan sejumlah bank umum nasional seperti BNI, BRI, BCA dan BJB.