Konsumsi 4 Sayuran Penurun Kolesterol Ini Secara Rutin, Dapat Terhindar dari Penyakit Jantung

Memiliki gaya hidup sehat dapat menjaga tubuh tetap bugar. Salah satu caranya, Kamu bisa mengonsumsi sayuran penurun kolesterol. Tahukah Kamu bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia?

Mengutip penelitian dari European Heart Journal, seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi terutama LDL “buruk”, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Selain itu, kolesterol HDL “baik” yang rendah dan trigliserida tinggi juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Namun, pola makan ternyata memiliki efek yang kuat pada kolesterol dan faktor risiko lainnya. Mengubah apa yang Kamu makanan setiap hari adalah salah satu cara paling efektif untuk menurunkan kolesterol. Termasuk mengonsumsi sayuran penurun kolesterol.

Dengan menambahkan makanan yang menurunkan tingkat LDL, ini adalah cara terbaik untuk mencapai pola makan guna menurunkan kolesterol.

Salah satu sumber makanan penurunan kolesterol adalah sayuran. Ada banyak jenis sayuran penurun kolesterol yang mungkin selama ini Kamu tidak sadari.

Namun, Kamu juga tetap harus ingat bahwa makan sayur penurun kolesterol saja tidak akan cukup untuk mencegah penyakit jantung. Kamu tetap harus melakukan gaya hidup sehat lain. Makanan yang berbeda dapat menurunkan kolesterol dengan berbagai cara.

Beberapa memberikan serat larut, yang mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan menyeretnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi. Beberapa sayuran penurun kolesterol juga bisa memberi lemak tak jenuh ganda, yang secara langsung menurunkan LDL.

Beberapa sayuran juga mengandung sterol dan stanol tumbuhan, yang menghalangi tubuh menyerap kolesterol.

Jenis Sayuran Penurun Kolesterol

Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran penurun kolesterol yang bisa Kamu konsumsi lebih sering untuk mencegah penyakit jantung:

1. Legumes

Legumes atau yang juga dikenal sebagai kacang-kacangan, adalah kelompok makanan nabati yang meliputi kacang-kacangan, kacang polong, dan lentil. Kacang-kacangan adalah sumber makanan nabati yang cukup sering dicampurkan ke dalam olahan sayuran, dan juga menjadi sayuran penurun kolesterol.

Kacang polong misalnya, mengandung banyak serat, mineral dan protein. Mengganti beberapa biji-bijian olahan dan daging olahan dalam makanan dengan kacang-kacangan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian dari Canadian Medical Association Journal, menunjukkan bahwa makan 1/2 cangkir (100 gram) kacang-kacangan per hari efektif menurunkan kolesterol LDL “jahat” rata-rata 6,6 mg / dl, dibandingkan dengan tidak makan kacang-kacangan.

Penelitian lain juga telah mengaitkan konsumsi kacang-kacangan dengan penurunan berat badan, bahkan dalam diet yang tidak membatasi kalori.

2. Okra

Sayuran penurun kolesterol lainnya adalah okra. Mengutip artikel dari Healthland, serat larut dalam okra (dalam bentuk pektin) telah membantu mendukung kadar kolesterol dalam penelitian hewan.

Sayuran rendah kalori ini juga merupakan sumber polifenol lain yang baik, yang dikenal mampu melawan peradangan secara alami.

Okra juga kini menjadi lebih populer karena bisa tumbuh terus menerus di iklim yang lebih hangat dan ia sangat mudah dibudidayakan. Cobalah tanam sendiri di kebun atau belilah di toko bahan makanan.

3. Terong

Seperti okra, serat larut dalam terong membantu mendukung kadar kolesterol yang sehat dan dapat menjadi sayuran penurun kolesterol.

Cobalah mengganti beberapa sumber hewani seperti ayam yang biasa Kamu gunakan dengan terong supaya bisa menyehatkan jantung.

Namun, Kamu juga harus memerhatikan cara memasaknya. Hindari menggorengnya, karena minyak adalah sumber kolesterol jahat yang malah bisa merusak nutrisi dari terong itu sendiri. Sebaiknya Kamu mengolah dengan merebus atau memanggangnya.

4. Kale

Sayuran kale mengandung kalium, magnesium, antioksidan, dan serat yang merupakan nutrisi sehat yang sangat dibutuhkan jantung sehat. Mineral dalam sayuran silangan ini, dapat mengimbangi efek natrium, dan menangkal tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jadi, Kamu perlu lebih banyak menambahkan sayuran penurun kolesterol ini ke dalam makanan sehari-hari untuk menjaga agar jantung tetap sehat.

Itu tadi 4 jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Untuk mendapatkan aneka sayur dengan kuliatas segara, Kamu dapat membelinya di Tanihub. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti selalu menyediakan panen maupun produk segar, terbaik, dan berkualitas yang dipanen/diambil langsung dari petani Indonesia, membeli produk di TaniHub artinya juga sudah turut mendukung pertanian & perekonomian lokal, memiliki layanan pengantaran yang cepat. Hari ini pesan, besok tiba di depan pintu rumah, memiliki berbagai macam metode pembayaran yang mudah digunakan, memiliki layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, mendukung penuh kepuasan pelanggan, jika ada produk yang tidak sesuai, akan diganti serta banyak promo menarik yang membuat belanja jadi hemat tiap minggunya.

Yuk belanja di TaniHub