Manfaat Software HR Online bagi Perusahan Besar dan UMKM

Manusia adalah sumber yang paling berharga di semua perusahaan. Baik itu sektor TI, Perbankan, Ritel, atau Asuransi, sumber daya manusia merupakan sumber yang paling penting dalam proses kerja perusahaan.

Meskipun komputer telah mampu menyederhanakan proses kerja sebagian besar sektor, tenaga manusia tetap saja diperlukan, bahkan di industri yang berorientasi mesin seperti manufaktur dan produksi. Solusi sistem Software Human Resource Management  (HRM) dapat membantu departemen HR mengelola dan memanfaatkan sumber daya manusia yang berharga secara efektif dalam sebuah perusahaan.

Internet telah menyediakan platform bagi para kandidat yang terampil untuk menemukan peluang yang tepat. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memastikan agar karyawan mereka yang berpengalaman dan berharga merasa bahagia sehingga mereka termotivasi untuk bekerja demi perkembangan diri dan perusahaan.

Bagian HR mencoba untuk mencapai hal ini dengan penilaian kinerja berkala dan memberikan pelatihan agar karyawan dapat terus menyerap teknologi baru yang relevan dengan perusahaan. Hal ini akan menciptakan nilai lebih untuk karyawan dalam hal tunjangan dan juga keterampilan mereka.

Dengan menggunakan sistem penggajian, perusahaan dapat melacak rincian gaji karyawan, melakukan pencairan gaji secara tepat waktu, dan membayar pajak secara berkala. Jika HR system terintegrasi dengan Sistem Akuntansi, maka prosesnya akan lebih sederhana. Perangkat lunak HRM juga dapat menangani tanggung jawab HR yang mencakup rekrutmen, induksi, pelatihan, penilaian kinerja berkala, promosi, pemindahan, dan pemeliharaan karyawan.

Sistem penggajian konvensional tidak sanggup membantu mengatasi masalah-masalah departemen HR tersebut. HR Information System (HRIS) atau HR Management System (HRMS) merupakan anugerah bagi departemen HR, karena HR system ini bisa menangani seluruh tanggung jawab manajer HR.

Bagaimana Sistem software HRM Dapat Membantu Departemen HR?

Perangkat lunak HRM menyimpan data karyawan termasuk keterampilan karyawan, detail penilaian, keterampilan tambahan atau pengalaman karyawan, pelatihan yang diberikan oleh perusahaan, dan lain-lain yang berguna bagi manajer HR selama perekrutan, pemindahan, dan penilaian.

Bila akan ada kekosongan dalam organisasi, manajer HR secara langsung dapat memeriksa data karyawan dan mencari pengganti karyawan yang kosong tersebut. Dengan cara ini, perusahaan dapat menghemat biaya pada proses rekrutmen dan pada saat bersamaan, karyawan juga akan merasa dihargai dan diakui oleh perusahaan yang terus memotivasi mereka.

Sistem software HRM yang efisien akan selalu memberikan notifikasi mengenai apapun, termasuk hari-hari spesial dari masing-masing karyawan. Sistem ini akan mencatat tanggal lahir setiap karyawan sehingga HR dapat merencanakan perayaan ulang tahun bagi karyawan yang bersangkutan semenjak jauh hari. Semua dokumen yang terkait dengan karyawan selalu tersedia untuk HR hanya dalams sekali klik.

Jika software HR system terhubung dengan daftar kehadiran dan catatan kerja karyawan, manajer HR dapat dengan mudah memeriksa karyawan yang mengerjakan proyek pada waktu tertentu dan juga bisa memberikan pekerjaan kepada karyawan yang belum mengerjakan apapun. Data yang sama kemudian dapat dikonsolidasikan dan dicek untuk dibuat perencanaan kerja. Hal ini mempermudah HR untuk memantau setiap karyawan terhadap pekerjaan yang ditugaskan dan waktu penyelesaian sehingga tindakan korektif dapat diambil kapan pun diperlukan.

Modul-Modul yang Harus Ada dalam Software HRM

Sistem perangkat lunak HR yang kompeten idealnya harus memiliki:

  • Rincian data karyawan
  • Deskripsi tugas setiap karyawan
  • Database kemampuan
  • Daftar kehadiran
  • Perencanaan
  • Catatan pekerjaan sehari-hari
  • Daftar gaji
  • dan harus dikaitkan dengan modul Akuntansi dan operasi organisasi

Siapa yang Bisa Mendapatkan Keuntungan dari Sistem Software HRM?

Sistem Software HRM akan sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki minimal 100 karyawan. Melakukan entri data setiap karyawan tentunya sangat memakan waktu dan pastinya hal ini bisa mengganggu pekerjaan departemen HR yang lainnya.

Setiap karyawan juga seharusnya tidak perlu kebingungan atau kerepotan dalam mencari informasi mengenai gaji, progress yang mereka lakukan, kalender kantor, daftar kehadiran, dan data kolega mereka sendiri sehingga mereka dapat lebih fokus pada pekerjaan mereka masing-masing yang lebih penting. Software HRM secara berkala dapat meninjau data dan membuat pengaturan yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi kerja karyawan dan keseluruhan departemen demi kemajuan perusahaan.

Lalu, Apakah Software HRM dapat Bermanfaat bagi Usaha Kecil Menengah (UKM)?

Software HR system tidak dapat memberikan banyak manfaat bagi UKM, sebab biaya penerapannya akan sangat mahal, apalagi hanya untuk mengurus sumber daya manusia yang jumlahnya kemungkinan juga sedikit.

Akan tetapi, UKM tetap dapat menikmati ERP berbasis Cloud dengan memanfaatkan SaaS, IaaS, atau PaaS sebagai pengganti untuk solusi perangkat lunak HRM. Jadi, implementasi ERP berbasis Cloud merupakan solusi terbaik bagi UKM,  karena mereka tidak perlu berinvestasi untuk infrastruktur, implementasi, atau platformnya. UKM hanya perlu berlangganan melalui penyedia solusi ERP berbasis Cloud yang cocok dengan bisnis mereka.

Aplikasi HR System Talenta, Solusi Mengatur Karyawan

HR online Talenta memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu HR dalam mengelola administrasi karyawan yang lebih efisien. Salah satu fitur unggulannya adalah manajemen absensi menggunakan Live Attendance.

Dengan absen online ini, karyawan dapat melakukan absensi di mana saja tanpa perlu mengandalkan mesin sidik jari hingga sistem dapat mencatat data kehadiran secara otomatis.

Lewat aplikasi mobile Talenta, karyawan hanya perlu melakukan selfie dan data absensi karyawan secara otomatis dapat disimpan di dalam sistem.

Selain itu, Talenta juga memiliki fitur menghitung serta pembayaran payroll secara otomatis yang dapat diintegrasikan dengan fungsi absen online yang mencatat kehadiran secara otomatis.

Jadi ketika memasuki periode payroll, HR tidak perlu lagi menghitung gaji karyawan secara manual karena gaji karyawan dapat dihitung secara otomatis melalui sistem.

Tertarik menggunakan Talenta dan mempelajari fitur-fitur lainnya? Anda bisa mencoba fitur-fiturnya secara gratis dengan mendaftarkan demo produknya di websitenya. Yuk, coba Talenta sekarang juga!